Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Dengan Peralatan Sederhana

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet – Pada artikel kali ini kami ingin memberikan informasi kepada Anda bagaimana cara untuk mengatasi saluran mampet dengan menggunakan peralatan yang sederhana.

Permasalahan pada saluran air yang mampet memang menjadi hal yang sangat menjengkelkan, apalagi ketika kita hendak menggunakan wc, wastafel, kamar mandi dan menemukan genangan air yang tak kunjung surut. Air yang menggenang ini tentunya dikarenakan oleh sumbatan pada pipa pembuangan air kotor entah itu kerusakan pada pipa, kotoran, maupun lemak yang menempel pada rongga pipa.

Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Jika menemukan masalah pada saluran air mampet di rumah Anda, jangan pernah menunda untuk segera memperbaikinya agar tidak timbul masalah lain yaitu penyebaran penyakit. Yang lebih parah jika menunda untuk memperbaiki saluran air mampet, pipa saluran pembuangan air kotor bisa bocor.

Jika Anda sudah kebingungan mencari tahu bagaimana cara untuk memperbaiki saluran air mampet pada rumah Anda, artikel ini akan cukup membantu Anda dan memberikan cara mudah mengatasi saluran air mampet dengan peralatan sederhana.

Simak beberapa cara dari saluranmampet.net untuk mengatasi saluran air mampet di rumah:

cara mengatasi saluran air mampet dengan sabun cuci piring

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara yang pertama untuk mengatasi saluran mampet di rumah adalah menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Sabun cuci piring ini dipercaya bisa melunturkan lemak yang disebabkan oleh minyak dan menempel pada rongga pipa pembuangan air kotor.

Caranya cukup mudah, siapkan 1 ember air panas lalu campur dengan sabun cuci piring secukupnya. Setelah itu tuangkan pada saluran pipa pembuangan yang mampet tadi dan siram dengan air hingga saluran kembali lancar.

Sebaiknya, lakukan cara ini seminggu sekali untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan pada pipa pembuangan air kotor tersebut.

cara mengatasi saluran air mampet dengan pemutih

Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan tidak ada cairan yang mengenai tangan dan pengaplikasiannya dilakukan pada ruang yang terbuka atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Lalu bagaimana caranya?

Pertama siapkan 1 ember air yang sudah di campur dengan pemutih, lalu tuangkan campuran itu kedalam pipa saluran air yang mampet. Biarkan selama kira-kira 10-15 menit dan bilas menggunakan air hingga saluran mampet kembali normal dan tidak ada bau dari pemutih tadi.

Lakuka cara ini setidaknya seminggu sekali agar tidak terjadi mampet pada saluran pembuangan air kotor di rumah Anda.

cara mengatasi saluran mampet dengan garam

Menggunakan Garam dan Air Panas

Cara yang ketiga untuk mengatasi saluran air mampet di rumah adalah dengan menggunakan garam yang di campur dengan air panas. Mungkin sedikit aneh, apa bisa garam digunakan untuk melancarkan saluran mampet pada pipa pembuangan air kotor?

Menggunakan garam untuk mengatasi saluran mampet sudah banyak di praktekkan oleh banyak orang karena garam dipercaya bisa melarutkan lemak-lemak dan kotoran yang menempel pada ronga pipa pembuangan.

Cara menggunakan garam untuk melancarkan saluran mampet adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan air panas secukupnya ke dalam ember
  • Campurkan 1 gelas garam pada ember berisi air panas tersebut
  • Tuangkan campuran garam dan air panas tersebut ke dalam saluran yang mampet hingga lancar
  • Bilas dengan air hingga saluran kembali lancar

Anda bisa menggunakan cara ini berkali-kali sampai saluran yang mampet teratasi.

cara mengatasi saluran mampet dengan baking soda

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara yang keempat adalah menggunakan baking soda dan cuka.

Baking soda ini memiliki sifat basa murni sedangkan cuka bersifat asam. Apabila di campurkan antara baking soda dan cuka, maka akan menimbulkan reaksi kimia berbentuk gelembung yang dianggap bisa mengatasi saluran air mampet.

Cara untuk mengaplikasikan keduanya adalah sebagai berikut ini:

  • Tuangkan baking soda secukupnya pada saluran pipa pembuangan yang mampet
  • Tuangkan air mendidih secukupnya pada saluran mampet tersebut dan diamkan beberapa menit
  • Tuangkan baking soda dan cuka kedalam saluran air mampet secara bersamaan
  • Bilas dengan air mendidih hingga buih yang ditimbulkan hilang dari saluran pipa pembuangan.

cara mengatasi saluran mampet dengan soda api

Menggunakan Soda Api

Cara yang kelima untuk mengatasi saluran mampet adalah menggunakan soda api.

Tentunya sudah tidak asing lagi bagi yang pernah melakukannya. Bahan kimia yang satu ini memang sangat manjur untuk mengatasi saluran mampet.

Cara menggunakan soda api untuk melancarkan saluran mampet adalah sebagai berikut:

  • Tuangkan soda api pada saluran yang mampet
  • Masukkan air panas pada saluran tersebut untuk membilas soda api
  • Lakukan proses melancarkan saluran air mampet menggunakan soda api hingga saluran kembali lancar.

Tips: Sebaiknya jangan pergunakan terlebih dahulu saluran pembuangan air kotor tersebut. Tunggu minimal 5-6 jam agar bahan kimia tersebut bisa bereaksi.

Itulah beberapa cara mengatasi saluran mampet di rumah menggunakan peralatan seadanya.

Tentunya Anda tidak ingin masalah saluran mampet ini terjadi di rumah Anda bukan? Sebaiknya lakukan pencegahan agar pipa pembuangan air kotor di rumah Anda tidak tersumbat.

Ingatkan semua anggota keluarga untuk tidak membuang kotoran pada lubang pembuangan seperti di wc, wastafel, sink cuci piring dan saluran kamar mandi.

Informasi Jasa Saluran Mampet Terdekat

Apabila Anda memiliki masalah saluran mampet dan tidak juga teratasi, Anda bisa menggunakan jasa saluran mampet Jogja kami untuk mengatasinya. Kami siap untuk membantu Anda memperbaiki saluran mampet di rumah Anda, di hotel, di apartment, di rumah sakit, di villa dan lainnya.

Layanan kami tidak hanya mengatasi saluran mampet saja namun juga sedot wc dan pembuangan limbah rumah tangga dan limbah industri.

Percayakan pada kami untuk perbaikan saluran mampet. Silahkan hubungi kami pada nomor telepon saluran mampet Jogja, Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul yang tersedia di website ini.

error: Content is protected !!