Cara Memancing Pompa Air – Penyebab Pompa Air Tidak Menyala

cara memancing pompa air

Cara Memancing Pompa Air Yang Tidak Mengeluarkan Air

Jangan merasa panik saat Anda menemui kejadian seperti pompa air tidak mau mengalirkan air. Memang hal seperti ini memang sangat menjengkelkan apalagi ketika kita hendak mempergunakan air untuk kegiatan sehari-hari. Disini saluranmampet.net akan sedikit memberikan tips mengenai cara memancing pompa air yang tidak mengalirkan air agar bisa beroperasi secara normal dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cara Memancing Pompa Air

Pompa air yang tidak bisa mengalirkan air bisa dipengaruhi oleh umur pompa air tersebut. Biasanya, pompa air yang sudah berumur kurang mampu untuk menyedot dan mendorong air. Jangan terburu-buru untuk membeli pompa air baru sebagai ganti pompa air yang sudah berumur jika Anda menemukan hal seperti ini ditempat Anda. Cobalah untuk memancing pompa air tersebut dengan peralatan-peralatan sederhana. Hal ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran Anda sendiri.

Pastinya akan ada beberapa cara memancing pompa air yang harus dilakukan agar bekerja secara normal. Inilah beberapa cara memancing pompa air:

Cara Memancing Pompa Air Menggunakan Air

Memancing pompa air menggunakan air adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Pertama matikanlah pompa air
  • Buka tutup lubang pengisian air menggunakan alat (obeng, tang, kunci)
  • Gunakan alat bantu untuk menuangkan air kedalam lubang pengisian air tersebut
  • Apabila air sudah meluber, bersihkan menggunakan kain lap
  • Jika dirasa tabung pompa sudah terpenuhi dengan air, selanjutnya tutup rapat lubang pengisian tersebut
  • Coba hidupkan kembali mesin pompa air tersebut
  • Jika cara memancing pompa air tersebut belum berhasil, Anda bisa melakukannya secara berulang

Memasang Stop Keran

Apabila cara memancing pompa air yang pertama tidak berhasil, maka cobalah cara kedua yaitu memancing pompa air menggunakan stop keran. Caranya sebagai berikut ini:

  • Pertama matikanlah pompa air tersebut
  • Copotlah salah satu pipa pada pompa air tersebut
  • Pasanglah stop keran pada kedua pipa yang menuju ke dalam sumur
  • Pasang stop keran pada pipa yang keluar dari pompa air
  • Taruh corong pada bagian pipa yang terbuka
  • Masukkanlah air melalui corong yang sudah Anda taruh
  • Usahakan mengalirkan air harus melalui selang
  • Selanjutnya, pasang kembali pipa air yang tadi dicopot
  • Coba hidupkan kembali mesin pompa air tersebut.

Cara Memancing Pompa Air Saat Debit Air Kurang

Apabila ketersediaan air pada sumur berkurang, maka Anda bisa mencoba memancing pompa air menggunakan cara ini agar air bisa naik keatas. Berikut ini cara memancing pompa air saat debit air kurang:

  • Pertama matikanlah pompa air
  • Pasanglah stop keran pada saluran air keluar yang paling dekat dengan sumur
  • Hidupkanlah mesin pompa air tersebut
  • Buka keran secara perlahan-lahan mulai dari bukaan kecil hingga bukaan penuh
  • Biasanya jika ketersediaan air sedikit, akan mengalir jika bukaan stop keran kecil.

Penyebab Pompa Air Tidak Mengalirkan Air

Ada beberapa penyebab pompa air tidak mengalirkan air dari sumur. Sebagai pengguna pompa air rumahan kita harus memahami apa saja penyebab pompa air tidak mau bekerja secara normal. Berikut ini sedikit penjelasan dari kami mengenai penyebab pompa air tidak mengalirkan air:

Umur Mesin Pompa Air

Penyebab utama mesin pompa air tidak mengalirkan air adalah umur pompa yang sudah tua. Pompa air yang sudah berumur menjadi penyebab terkuat pompa air tidak bekerja dengan baik. Jika masalahnya disebabkan oleh pompa air yang sudah tua, maka sebaiknya Anda mengganti pompa air tersebut dengan yang baru.

Ketersediaan Sumber Air

Penyebab selanjutnya adalah debit air yang sangat sedikit dari dalam sumur. Meskipun pompa air dalam keadaan baik, namun jika pompa tesebut tidak mendapatkan suplai air dari sumur maka juga tidak bisa mengalirkan air. Solusinya Anda bisa menggunakan jasa service pompa air atau memperbaiki instalasi pipa air yang sudah ada.

Spesifikasi Pompa Air

Spesifikasi pompa air yang digunakan juga bisa menjadi penyebab pompa air tidak bisa mengalirkan air. Misalkan, kedalaman sumur ditempat Anda sedalam 20 meter namun pompa air yang Anda gunakan hanya memiliki daya hisap 10 meter saja, tentunya air tidak akan naik karena daya hisap pompa air tersebut kurang. Maka dari itulah sebelum membeli pompa air, Anda harus benar-benar memperhatikan daya hisap pompa air terebut dan mengetahui kedalaman sumur ditempat Anda.

Kesalahan Pada Instalasi Pipa Air

Penyebab pompa air tidak dapat mengalirkan air juga bisa disebabkan oleh instalasi pipa saluran air. Periksalah saluran pipa air yang mengarah kedalam sumur tersebut. Apabila pipa tersebut terlalu dalam, maka ada kemungkinan pipa tersebut kemasukan lumpur sehingga mengakibatkan pipa tersumbat. Kebocoran pada sambungan pipa juga bisa menyebabkan pompa air tidak berfungsi sehingga air tidak bisa di alirkan dengan baik.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai cara memancing pompa air dan mengetahui penyebab pompa air tidak mengalirkan air. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami permasalahan pada pompa air. Namun, jika Anda sama sekali tidak memahami cara memancing pompa air, silahkan gunakan jasa service pompa air terdekat untuk membantu Anda menyelesaikan masalah pompa air tanpa ribet.

Leave a Reply

error: Content is protected !!